Contoh Projek Konsultasi

Beberapa contoh projek konsultasi pengembangan sistem manajemen kinerja yang pernah kami lakukan adalah sbb :

A. Projek Pengembangan Key Performance Inditors untuk para pegawai pada salah satu perusahaan agro industri terbesar di Indonesia. Penyusunan tabel key performance indicators untuk beragam level karyawan, mulai dari level direksi hingga level supervisor. Proses pengembangan KPI juga disertai dengan penyusunan panduan pengembangan KPI dan sosialisasi cara penerapan sistem KPI dalam performance management karyawan.

B. Projek Pengembangan Balanced Scorecard di salah satu Financing Company terbesar di tanah air. Projek konsultasi diawali dengan penyusunan Balanced Scorecard Level Perusahaan. Kemudian balanced scorecard ini di-cascade (diturunkan) pada level scorecard direktur, kemudian level manajer dan asisten manajer. Dengan demikian diharapkan ada keselarasan (alignment) antara corporate performance scorecard dengan KPI para karyawannya.

C. Projek Pengembangan Key Performance Indicators untuk para karyawan di sebuah Multinational Company di bidang pharmaceutical. Penyusunan tabel key performance indicators untuk beragam level karyawan, mulai dari level direksi hingga level pelaksana. Proses pengembangan KPI juga disertai pendampingan intensif selama masa implementasi untuk memastikan bahwa sistem KPI ini dapat terlaksana dengan efektif. Dilakukan serangkaian sesi monitoring bulanan untuk melihat efektivitas pelaksanaan sistem manajemen kinerja berbasis KPI.

D. Projek Workshop Penyusunan Key Performance Indicators untuk tiga lembaga pemerintahan. Workshop dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai pengertian dan tipe KPI; bagaimana mengidentifikasi KPI yang tepat; serta metode dan tools untuk memonitor pencapaian KPI. Diberikan pula katalog dan contoh KPI untuk beragam organisasi pemerintahan/public organization.

E. Projek Penyusunan Performance Appraisal System pada salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia. Pengembangan form performance appraisal yang mencakup dua elemen kunci, yakni aspek key performance indicators dan aspek kompetensi. Disusun panduan untuk melakukan skoring dengan mengkombinasikan dua aspek kunci tersebut. Dilakukan pula serangkaian workshop untuk mengembangkan kecakapan karyawan dalam mengidentifikasi key performance indicators yang tepat untuk beragam posisi di perusahaan tersebut.

Jika kantor Anda membutuhkan jasa pelatihan/konsultasi penyusunan KPI dan BSC, silakan hubungi kami :

Contact Person : Yodhia Antariksa. Cell Phone : 0817 482 3235. Email : Antariksa@exploreHR.org