Prinsip dalam Membangun Good Performance Management System

Sebuah perusahaan bisa mencapai puncak sukses jika didukung oleh internal tim yang solid. Sebab, suatu perusahaan ibaratnya merupakan team work yang besar. Bila team work tersebut sehat, maka kerja sama untuk meraih target yang telah ditetapkan bisa berjalan secara optimal. Sebaliknya bila team work belum kompak, walhasil target akan terasa berat untuk direalisasikan.

Contoh KPI (key performance indicators) untuk bidang SDM, marketing, finance, IT bisa didonwload disini.

Salah satunya kunci sukses sebuah perusahaan terletak pada kualitas performance management-nya. Sebab performance management pada hakikatnya merupakan suatu proses yang digunakan untuk melakukan identifikasi, mengukur, mengevaluasi, merancang perbaikan sekaligus memberikan penghargaan kepada karyawan yang memiliki performa terbaik.

Yang perlu Anda ketahui, performance management tidaklah sama dengan performance appraisal. Sebab performance appraisal hanyalah sebagai bagian dari performance management. Performance management juga bukanlah solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di perusahaan.

Namun demikian, keberadaan performance management sangatlah penting karena ia merupakan step penting yang harus dilalui bila sebuah perusahaan ingin meraih kesuksesan.

Sebuah performance management akan memberikan kontribusi penting berikut ini:

(1) Membantu menetapkan tujuan dengan jelas serta menunjukkan proses yang tepat yang diperlukan saat melakukan identifikasi, development, pengukuran serta pembahasan tujuan.

(2) Mendorong terciptanya iklim kerja yang berkompetisi karena masing-masing karyawan dimotivasi untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

(3) Memberikan kejelasan arah bagi visi dan misi yang hendak dicapai oleh sebuah perusahaan.

(4) Terciptanya pola hubungan yang harmonis di dalam internal perusahaan, baik antara karyawan dengan atasan.

(5) Memotivasi self development.

(6) Membantu perusahaan untuk mencapai kesuksesan.

Ada empat hal penting yang harus disiapkan untuk mengaplikasikan performance management. Antara lain sebagai berikut:

(1) Tahap perencanaan
Pada tahap ini harus ditetapkan dengan jelas mengenai tujuan yang hendak dicapai oleh sebuah perusahaan, yakni mencakup target kualitas maupun kuantitas dari output yang dihasilkan. Tujuan yang ditetapkan harus memenuhi kaidah SMART, yakni Scientific, Measureable, Achiavable, Reliable, dan Time Bound. Penentuan tujuan harus mempertimbangkan seluruh aspek penting yang ada dalam perusahaan.

Contoh KPI (key performance indicators) untuk bidang SDM, marketing, finance, IT bisa didonwload disini.

(2) Tahap pengelolaan kinerja
Tahap ini merupakan realisasi dari tahapan sebelumnya. Artinya, rencana kerja yang telah dibuat sebelumnya harus bisa terealisasi dan bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Pada tahap ini manajer memiliki peran yang sangat strategis.

Antara lain mencakup: (a) Memberikan bantuan yang bersifat praktis sesuai dengan kebutuhan; (b) Menjamin bahwa karyawan benar-benar telah memahami terhadap tujuan dan target yang hendak dicapai; (c) Memberikan training atau pelatihan sesuai dengan kebutuhan karyawan; (d) Menyesuaikan prioritas dan target bila sewaktu-waktu terjadi perubahan.

(3) Tahap penilaian
Tahapan ini diperlukan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja masing-masing karyawan untuk mengetahui apakah target telah tercapai ataukah belum

(4) Penghargaan
Karyawan berhak mendapatkan reward and punishment berdasarkan kinerja yang telah dicapai.

Contoh KPI (key performance indicators) untuk bidang SDM, marketing, finance, IT bisa didonwload disini.