Langkah demi Langkah untuk Melakukan Pengembangan SDM secara Efektif

Pengembangan SDM – Tahukah Anda bahwa pengembangan SDM penting dilakukan oleh sebuah perusahaan?

Apalagi yang ingin melebarkan sayapnya menjadi salah satu perusahaan sukses di masa yang akan datang. Upaya untuk melakukan pengembangan SDM juga sangat kompleks, bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Ketika sebuah perusahaan memiliki SDM berkualitas, maka kemungkinan bersaing dengan kompetitor sangat tinggi. Alasannya adalah karena memiliki personil yang mumpuni, mampu menjalankan tugas dengan baik demi tercapainya target dan tujuan bisnis tersebut.

Pengembangan SDM Adalah

Yang dimaksud dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu berbagai kegiatan dari sebuah perusahaan untuk memaksimalkan kemampuan dan keterampilan SDM mereka. Agar bisa bersaing lebih agresif di dunia bisnis, juga menunjang pencapaian tujuan dari perusahaan.

Pengembangan SDM dilakukan dengan berbagai cara, pihak perusahaan dapat melakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan cara yang tepat. Pasalnya, tidak semua jenis pengembangan SDM cocok diaplikasikan pada perusahaan manapun.

Keterlibatan pihak terkait, juga akan menjadi tolak ukur keberhasilan dari upaya mengembangkan SDM yang sudah tersedia.

Kenapa Pengembangan SDM Itu Penting?

pengembangan sdm

Masih ada perusahaan maupun organisasi yang menilai bahwa pengembangan SDM bukan hal penting, sehingga program ini diabaikan begitu saja. Padahal, dampaknya sangat bisa dirasakan dan dibandingkan.

Perusahaan yang secara berkala melakukan pengembangan SDM mereka, akan dinilai sukses dan siap bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Salah satu alasannya adalah karena SDM yang mereka miliki bukan abal-abal dan selalu upgrade pengetahuan dan kemampuan sesuai kebutuhan perusahaan.

Ini Dia Tahapan Pengembangan SDM yang Tepat

Dalam upaya mengembangkan kualitas SDM, ada tahapan yang perlu dilakukan agar media pengembangan yang dipilih benar-benar mampu memberikan dampak positif dari karyawan itu sendiri dan juga bagi perusahaan. Apa saja tahapan tersebut?

  • Apa Jenis Pengembangan yang Diperlukan

Menentukan terlebih dahulu apa saja jenis pengembangan yang perlu dilakukan oleh perusahaan saat ini. Misalnya, untuk divisi HRD sedang dibutuhkan pengembangan supaya staf dan manager HRD bisa lebih maksimal saat melakukan rekrutmen karyawan. Pengembangan yang dilakukan dalam bentuk pelatihan dengan tema rekrutmen karyawan dan mendatangkan praktisi sesuai jenis pengembangan tersebut.

  • Apa Tujuan Pengembangan Tersebut

Jika sudah tahu apa saja jenis pengembangan yang akan dilakukan, maka selanjutnya menentukan apa tujuan dari pengembangan tersebut. Sesuai contoh di atas ketika melakukan pengembangan SDM di bidang HRD, tujuannya adalah supaya divisi HRD memiliki pemahaman yang lebih maksimal tentang cara terbaik melakukan penerimaan pegawai baru. Supaya tidak terjadi over capacity karyawan, kesalahan penempatan posisi karyawan, dan berbagai masalah lainnya.

  • Merumuskan Rencana Pengembangan SDM

Setelah itu, dilakukan rencana pengembangan SDM. Kapan dilaksanakan, siapa saja yang akan ikut dalam proses tersebut, dimana pelaksanaannya, berapa anggaran yang dibutuhkan, hingga hal-hal pendukung rencana tersebut supaya berjalan dengan lancar

  • Pelaksanaan Program Pengembangan SDM

Selama program berlangsung, harus dipastikan semua pihak yang diminta untuk ikut serta akan eksis sampai program berakhir. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan aturan yang jelas selama program, dan pengawasan sampai selesai.

  • Melakukan Evaluasi dari Hasil pengembangan SDM

Setelah selesai pelaksanaan program pengembangan SDM, akan dilakukan evaluasi sejauh mana keberhasilan dari upaya tersebut. Salah satunya dengan memberikan kesempatan bagi semua SDM yang sudah mengikuti program pengembangan, untuk memberikan laporan dan program bernas yang berdampak positif bagi perusahaan.


Fungsi Pengembangan SDM

Pengembangan SDM yang dilakukan dalam sebuah perusahaan, juga memiliki banyak fungsi strategis untuk direalisasikan. Enam diantaranya adalah:

  • Moral Karyawan Menjadi Lebih Baik

Dengan adanya pengembangan SDM yang dilakukan perusahaan, setidaknya ada perbaikan moral yang terjadi pada karyawan. Paling tidak mereka menjadi lebih taat aturan, berperilaku lebih baik di lingkungan kantor dan dimana saja.

  • Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Dalam upaya mengembangkan kualitas SDM, akan ada pelatihan atau bagian dari materi yang biasanya berhubungan dengan kepemimpinan. Paling tidak, ada pengetahuan baru tentang bagaimana cara memimpin di dunia kerja.

Biasanya materi ini akan diberikan untuk pengembangan level supervisor ke atas. Gunanya agar karyawan memiliki kemampuan membina tim jika nantinya diberikan tanggung jawab sebagai pemimpin.

  • Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Bagi pengembangan di bidang kepuasan pelanggan, tentunya akan ada ilmu baru yang didapat tentang bagaimana melayani konsumen dengan lebih baik. Otomatis, ketika diterapkan akan berdampak positif bagi peningkatan kepercayaan konsumen kepada perusahaan.

Apalagi jika dilakukan secara kontinu, pelayanan kepada konsumen akan terus meningkat dan keluhan akan tereliminasi dengan sendirinya.

  • Efisiensi Kerja

Pengembangan SDM juga berhubungan dengan bagaimana setiap karyawan dapat melakukan efisiensi kerja, dengan hasil yang lebih maksimal. Efisien kerja juga akan berhubungan dengan manajemen waktu dan ketepatan pencapaian target usaha untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

  • Produktivitas Meningkat

Ketika SDM yang dimiliki sebuah perusahaan sudah melalui proses pengembangan berkualitas, maka dampaknya akan dirasakan pada produktivitas karyawan itu sendiri. Secara tidak langsung juga akan memberikan poin positif kepada produktivitas perusahaan itu sendiri.

  • Lebih Kreatif dan Inovatif

Karyawan yang mengikuti proses pengembangan, akan memiliki kreativitas lebih tajam dan berani melakukan inovasi demi meningkatkan kualitas produk dan eksistensi perusahaan. Karena dalam program pengembangan akan diberikan ruang bagi karyawan untuk melakukan sebuah kegiatan dan mengasah kemampuan mereka untuk lebih kreatif di dunia kerja.

Metode Pengembangan SDM yang Dapat Digunakan

Untuk melakukan pengembangan SDM, terdapat sejumlah metode bisa digunakan. Masing-masing memiliki keunggulannya masing-masing ketika diimplementasikan pada perusahaan.  Mau tahu apa saja metode tersebut?

  • Rotasi Posisi

Metode pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan rotasi kerja pada karyawan. Misalnya, staf yang ada di divisi A dipindahkan ke divisi B untuk melihat sejauh mana dia bisa memaksimalkan kerja bersama tim. Bisa juga dengan melakukan rotasi di dalam sebuah divisi, sebagai upaya penyegaran dan mencari formasi baru tim yang lebih solid.

Fungsi dari rotasi ini sangat banyak, diantaranya adalah untuk mengisi kosongnya posisi dan memberikan kesempatan bagi staf kompeten untuk mengembangkan kemampuannya pada jabatan baru.

  • Magang Untuk Pegawai Baru

Pegawai baru diberikan kesempatan ikut pengembangan SDM, untuk bisa segera beradaptasi dengan lingkungan kerjanya. Metode ini, juga dilakukan untuk melihat sejauh mana potensi pegawai tersebut untuk berkembang dan jadi andalan perusahaan.

  • Training

Pelatihan juga sering dijadikan metode pengembangan SDM, biasanya perusahaan akan melakukan pelatihan sesuai kebutuhan. Misalnya training untuk jabatan level supervisor yang melibatkan pihak ketiga sebagai penyelenggaranya.

Bisa juga pelatihan internal yang dikelola langsung oleh perusahaan, dengan memanfaatkan tenaga mumpuni yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Lihat juga: Konsultan Manajemen Kinerja

  • Pendidikan yang Dibiayai Perusahaan

Untuk memaksimalkan kemampuan karyawan, ada juga perusahaan yang menyediakan metode pendidikan formal yang bisa diikuti oleh karyawan. Biayanya dari perusahaan, dimana nantinya setelah menempuh pendidikan maka karyawan tersebut bisa menempati posisi yang lebih tinggi.

Jangan abaikan pentingnya melakukan pengembangan SDM di lingkungan perusahaan, karena dampaknya akan sangat besar bagi eksistensi perusahaan.

Apalagi jika karyawan yang diikutsertakan mampu memberikan kontribusi maksimal setelah ikut program pengembangan tersebut.

Bagi Anda yang ingin konsultasi mengenai jasa pelatihan sdm manajemen, Yodhia Antariksa hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Hubungi kami: +62 817-4823-235