Tahapan Penilaian Kinerja Karyawan | Jadi Manajer Handal

Tahapan Penilaian Kinerja Karyawan – Memiliki tanggung jawab lebih di sebuah perusahaan adalah sebuah tantangan. Begitu pula jika anda telah dipercaya untuk menjadi seseorang yang akan menilai kinerja karyawan.

Jika anda adalah seorang pemimpin di suatu perusahaan maka anda harus punya perhitungan yang tepat untuk menilai karyawan anda.

Kenali dan lakukan yang terbaik untuk semua yang anda perlukan agar kualitas setiap pekerja di perusahaan anda terjamin. Yang pasti, hal ini akan memberikan perilaku yang adil serta dapat memberikan hasil yang baik bagi perusahaan anda.

Tahapan Penilaian Kinerja Karyawan

Nah, sebelum anda memulai ada baiknya untuk memperhatikan setiap langkah. Langkah tersebut yang bisa memberikan penilaian secara adil pada semua karyawan tempat anda bekerja.

Setiap tahap akan memberikan hasil sesuai kebutuhan perusahaan sehingga bisa menjadi nilai manakah yang paling tepat untuk tetap bertahan di perusahaan atau harus meningkatkan kinerja mereka. Yuk, pahami dan ikuti langkah penilaian kerja seperti berikut ini.

  • Menetapkan standar kinerja

Hal paling awal yang perlu untuk dilakukan adalah menetapkan standar kinerja yang harus dimiliki oleh karyawan. Anda dapat membuat standar tersebut sesuai dengan kondisi perusahaan atau apa gang dibutuhkan perusahaan. Sebab output dan juga deskripsi pekerjaan satu lingkungan dengan lingkungan yang lain tidak selalu sana.

Penilaian untuk standar ini dapat berupa prestasi, ketrampilan yang dimiliki karyawan ataupun hasil pekerjaan yang dimiliki. Karena evaluasi output sebuah perusahaan juga memengaruhi standar perusahaan itu sendiri. Jadi anda yang bertugas mengevaluasi harus punya standar sesuai dengan jenis perusahaan yang anda tempati.

  • Berkoordinasi dengan karyawan

Karena yang akan dinilai adalah kinerja karyawan maka anda harus mengkoordinasi atau segera melakukan komunikasi pada para karyawan. Hal ini supaya karyawan dapat memberikan yang terbaik dan paham apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan yang mereka tempat ini.

Standar nilai karyawan memang penting dibicarakan di awal sebab ini menjadi acuan bagi karyawan ataupun staf yang hendak bekerja disana. Jadi berkomunikasi dengan baik akan membantu kinerja karyawan makin optimal.

  • Mengukur kinerja

Tahapan Penilaian Kinerja Karyawan

Langkah yang ketiga adalah mengikur kinerja. Cara untuk mengukur juga sesuai dengan ketentuan dan ketetapan uang berlaku.

Dalam setiap bidang, ketentuannya berbeda dan harus sesuai kualitas yang diharapkan. Untuk hal ini, ada beberapa hal seperti laporan tulis dan lisan yang perlu diperhatikan.

Selain itu, pengamatan dan kinerja setiap hari juga harus diperhatikan dengan baik. Performa kerja setiap orang dapat dinilai dari kehadiran, disiplin, tepat waktu dan hasil laporan atau kerja yang mereka buat. Jika memenuhi standar maka dapat memberikan nilai yang baik bagi karyawan tersebut.

  • Membandingkan kinerja dan standar perusahaan

Jika pengukuran kinerja telah dimiliki maka hanya perlu untuk membandingkan dengan standar yang dimiliki oleh perusahaan. Sesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh tempat kerja anda.

Apabila lolos uji kelayakan maka karyawan tersebut dapat menjadi salah satu karyawan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena dengan perbandingan ini akan muncul hasil apakah kinerja yang dilakukan menyimpang atau tidak dari tugas yang diberikan.

  • Mendiskusikan hasil

Yang juga sangat diperlukan adalah diskusi hasil yang telah dicapai. Mendiskusikan hasil dari penilaian yang dilakukan oleh beberapa orang sehingga akan muncul hasil yang berbeda.

Bukan hanya pada orang yang melakukan penilaian saja, tapi juga pada karyawan yang bersangkutan. Dengan berdiskusi akan mempermudah untuk dapatkan penyelesaian jika ada kendala atau kesulitan dalam melaksanakan tugas.

Kelemahan ataupun kelebihan dari karyawan dapat jadi pelajaran dan diperbaiki sehingga hasil kerja kemudian hari akan lebih baik. Dampak positif danĀ  negatif yang dihasilkan dari diskusi ini bisa membantu karyawan lebih maksimal dalam bekerja.

  • Pengambilan tindakan

Bagian akhir dari evaluasi kerja adalah mengambil tindakan dari apa yang telah dinilai. Pengambilan sebuah tindakan tergantung dari hasil evaluasi yang diberikan.

Harus diberikan perbaikan jika diperlukan supaya kedepannya hasil kerja membaik. Bila terjadi adanya penyimpanan yang lebih luas maka perbaikan harus segera dilakukan dengan mengacu pada tujuan dan kualitas yang diinginkan dari perusahaan.

Pentingnya Penilaian Kerja Karyawan Pada Sebuah Perusahaan

Mengapa diperlukan sebuah penilaian terhadap kinerja karyawan dalam sebuah perusahaan? Ini karena standar operasional dan juga tujuan sebuah perusahaan berdiri tidak sama.

Hal tersebut, untuk mendapatkan karyawan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Bukan hanya sekedar sarana untuk meningkatkan jabatan ataupun upah saja, namun juga mengikuti kualitas dan perkembangan perusahaan yang sedang dijalankan.

Karena jika sumber daya yang dimiliki tidak sesuai dengan kebutuhan maka hasil produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan juga tak maksimal. Dan pastinya berpengaruh pada mangsa pasar yang akan dicapai.

Penilaian ini dapat bersifat umum dan dilakukan secara berkala. Dengan begitu akan lebih mudah untuk melihat kemampuan dan kualitas kerja para karyawan yang ada di dalamnya.

Manfaat Lainnya

Selain untuk kepentingan perusahaan, evaluasi kinerja ini juga penting bagi pembaharuan sistem dalam perusahaan. Akan terlihat manakah kekurangan ataupun hal yang perlu diperbaiki agar kualitas hasil dan output yang diberikan lebih maksimal lagi. Karena dengan adanya evaluasi ini anda bisa tahu apakah yang menyebabkan kinerja karyawan jadi berkurang.

Kemampuan untuk produksi juga kecil sehingga muncul berbagai solusi dari masalah yang terjadi. Menilai kinerja karyawan tidak hanya dapat dilakukan dari satu sisi saja. Ada banyak kualifikasi staf dan pegawai yang perlu untuk dikaji lebih dalam agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Keunggulan melaksanakan evaluasi dan penilaian secara berkala ini tak hanya bagi karyawan saja agar hasil kerja mereka maksimal. Namun, kualitas perusahaan juga meningkat.

Karena fasilitas yang diberikan lebih maksimal dan perbaikan kinerja yang kurang bagus. Semakin lama, jika sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan telah sesuai dengan kebutuhan maka mereka akan memberikan produk atau jasa yang baik bagi konsumen.

Keadaan perusahaan juga akan semakin kondusif dan menjadi lebih optimal dalam mengelola. Karyawan juga tidak akan asal-asalan dalam bekerja karena ada evaluasi secara berkala yang akan melihat kinerja ataupun output yang mereka berikan pada perusahaan. Ini dapat juga dijadikan sebagai ajang ujung keahlian untuk mendapat promosi pada jenjang karir yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu pula, pihak perusahaan harus memiliki tim khusus yang bisa memberikan penilaian secara adil dan sesuai kemampuan setiap karyawan. Ini untuk menghindari penilaian yang objektif berdasarkan pada hal tertentu.

Jika proses evaluasi dan penilaian ini berjalan lancar dan jujur maka akan ditemukan karyawan yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi lebih pada perusahaan sehingga bisa mengembangkan kualitas perusahaan dan hasil yang tinggi.

Karyawan seperti inilah yang harus mendapatkan apresiasi pada kinerja yang mereka miliki.

Bagi Anda yang ingin konsultasi mengenai manajemen kinerja, Yodhia Antariksa hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Hubungi Kami: +62 817-4823-235