Pelatihan Motivasi Karyawan, Apakah Ini Solusi Perbaiki Performa Kerja?

pelatihan motivasi karyawan

Selama ini tampaknya perusahaan terlalu sering berfokus pada peningkatan skill dan keterampilan tenaga kerja. Motivasi dan upaya untuk mengembalikan semangat kerja seakan terabaikan.

Pemilik bisnis beranggapan ini mungkin tidak terlalu penting, selagi mereka mempunyai skill dan terbukti ahli di bidangnya maka hasil kinerja mereka semestinya tidak perlu lagi dikhawatirkan.

Namun, ketika yang terjadi justru sebaliknya, owner akan kebingungan. Apa yang terjadi kenapa tidak sesuai dengan harapan?

Penting untuk kita ingat bahwa manusia tidak sama dengan robot. Mereka juga membutuhkan motivasi dan support system untuk memaksimalkan hasil kerja.

Di sinilah mulai terlihat adanya urgensi untuk mengadakan pelatihan motivasi karyawan untuk memperbaiki semangat  produktif yang hilang.

Pengertian Training Motivasi Kerja

Training motivasi karyawan merupakan upaya untuk mengarahkan dan memberikan materi guna meningkatkan semangat dalam bekerja untuk menunjang produktivitas mereka.

Pelatihan ini bisa diadakan secara mandiri dari sisi internal atau mengundang pihak ketiga untuk memberikan pembekalan materi secara lebih mendalam.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan motivasi karyawan akan membantu tenaga kerja untuk memahami pentingnya semangat untuk mencapai tujuan serta diberikan tips-tips yang bisa langsung dicoba. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan

ilmu baru seputar teori motivasi serta penerapan strategi motivasi dalam lingkungan kerja hingga teknik manajemen stres dan hambatan.

Seperti yang sudah kita singgung di atas, bahwa manusia mempunyai perasaan dan pikiran untuk dikelola dengan baik.

Karyawan Anda bukanlah mesin, tanpa adanya motivasi dan evaluasi kerja yang baik dalam bekerja maka sehebat apapun keahlian yang dimiliki akan sulit untuk menerapkannya.

4 Manfaat dan Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti training motivasi kerja karyawan. Mulai dari perbaikan dari segi performa kerja sampai mengurangi risiko berkurangnya kepuasan kerja. Berikut ini beberapa di antaranya:

training motivasi karyawan

  1. Mendorong semangat kerja: training motivasi dapat memberikan dorongan yang besar untuk menciptakan semangat kerja guna mencapai tujuan dan target. Mereka akan mampu melatih diri untuk mencegah perasaan jenuh dalam bekerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik.

 

  1. Meningkatkan apresiasi: Selain itu, motivasi yang meningkat juga akan membuat karyawan merasa puas telah mendedikasikan waktu dan tenaganya di perusahaan tersebut. Mereka lebih merasa dihargai dan mendapat pengakuan. Hal yang terlihat sepele seperti ini mampu memberikan pengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Secara tidak langsung ini dapat menjadi upaya untuk memperkuat loyalitas mereka.

 

  1. Mengurangi turnover: Risiko turnover memang bisa terjadi di perusahaan mana pun. Namun, dengan adanya motivasi kerja yang baik dari sisi karyawan maka hal seperti itu bisa berkurang. Saat mereka nyaman dengan organisasi, ada upaya untuk membantu peningkatan semangat kerja tentu karyawan cenderung akan bertahan lebih lama di organisasi tersebut

 

  1. Meningkatkan kualitas kerja: Ini bagian yang diharapkan oleh perusahaan. Ternyata tetap mengakar pada kondisi semangat dan motivasi karyawan dalam bekerja. Melalui pelatihan motivasi karyawan, mereka akan lebih terinspirasi untuk terus mengembangkan kemampuan dan meningkatkan hasil kerja mereka baik itu dari segi penyediaan layanan, perbaikan kualitas produk, peningkatan strategi promosi, dan sebagainya

Baca juga: Manfaat Konsultan Manajemen Kinerja, Mengoptimalkan Potensi Karyawan

Training Motivasi Kerja Karyawan Bersama Konsultan SDM

Terkadang pelatihan motivasi seperti ini tidak selalunya bisa dilakukan secara penuh dari sisi internal.

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan atau menggunakan jasa dari pihak ketiga yang lebih berpengalaman di bidangnya.

Karyawan adalah bagian penting dalam SDM organisasi, oleh karena itu tenaga profesional yang perlu Anda panggil adalah konsultan SDM seperti beliau Bapak Yodhia Antariksa.

Ia telah berpengalaman memperbaiki performa kerja Sumber Daya Manusia di lingkup organisasi dan perusahaan. Salah satunya dengan penyampaian motivasi pemberian training untuk karyawan agar mereka lebih bersemangat dalam bekerja dan mencapai tujuan.

Ada beberapa alasan mengapa organisasi membutuhkan layanan konsultan SDM:

  • Mereka memahami seluk-beluk tenaga kerja, indikator performa kerja, dan berbagai aspek penting lainnya
  • Berpengalaman mengatasi masalah dari sisi SDM termasuk berkurangnya semangat kerja karena motivasi yang melemah
  • Telah menempuh pendidikan spesifik di bidang peningkatan SDM dan mempelajari ilmu tersebut dengan lebih mendalam

Apabila perusahaan atau organisasi Anda ingin mendatangkan konsultan ke tempat atau melakukan konsultasi secara online bisa langsung menghubungi kami melalui kontak yang tersedia.