Materi Pelatihan Manajemen SDM yang Bagus dan Siap Pakai

Mengetahui Materi Pelatihan Manajemen SDM menjadi bagian penting yang harus Anda persiapkan sebelum mengikutinya. Karena dengan mengetahui materi apa saja yang akan Anda pelajari. Tentunya Anda pun dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Sesuai dengan nama yang dimilikinya pelatihan manajemen SDM tentunya ditujukan bagi mereka yang bekerja pada bidang SDM. Hal ini ditujukan agar mereka mendapatkan pembaruan pengetahuan serta kemampuan. Dengan demikian, kompetensi yang dimilikinya pun akan jauh lebih meningkat dan dapat bersaing dengan profesional SDM lainnya.

Berikut ini adalah beberapa materi yang umumnya diberikan pada saat melakukan program pelatihan manajemen SDM, di antaranya :

  1. Penilaian Kerja dengan basis KPI

Penilaian kerja atau dalam istilah lainnya lebih dikenal dengan sebutan performance apprasial adalah suatu proses atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan. Tindakan tersebut berkaitan dengan proses evaluasi penilaian pada kinerja juga prestasi yang dimiliki karyawannya.

Selain digunakan untuk mengukur kinerja, tindakan ini juga dapat dilakukan sebagai umpan balik untuk menunjukkan bagaimana kinerja mereka. Tidak hanya itu, performance appraisal juga bisa saja hadir dalam bentuk masukan atau bahkan keputusan yang tentunya berasal dari bagian personalia.

  1. Manajemen Penggajian dan Penyusunan Salary Grading

Materi Pelatihan Manajemen SDM selanjutnya berkaitan dengan manajemen penggajian serta salary grading. Patut untuk Anda ketahui bahwa ketika seseorang bekerja pada suatu perusahaan. Tentunya orang tersebut harus mendapatkan imbalan yang kemudian dikenal dengan istilah gaji.

Pemberian gaji tersebut tidak dapat dilakukan sesuka hati, sesuai dengan pihak pemberi kerja. Karena pada dasarnya setiap orang berhak mendapatkan apa yang sesuai dengan pekerjaan yang telah dilakukannya. Itulah sebabnya ditetapkan beberapa cara untuk menjadikan menajemen penggajian dilakukan dengan tepat.

Salah satu cara yang banyak digunakan oleh sebuah perusahaan adalah menentukan gaji berdasarkan salary grading. Maksudnya setiap pekerja atau karyawan yang ada akan mendapatkan gaji yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut disesuaikan dengan grade yang dimilikinya.

Maksud grade itu sendiri dapat diartikan sebagai jabatan, tingkat kemampuan, pengetahuan dan lainnya. Seseorang yang memiliki grade lebih tinggi, tentunya akan mendapatkan gaji yang lebih besar pula. Begitu pun sebaliknya untuk mereka yang memiliki grade rendah.

  1. Talent Management Strategy

Bagian selanjutnya dari materi yang disampaikan pada pelatihan Manajemen SDM itu berkaitan dengan Talent Management. Untuk talent management sendiri dapat diartikan sebagai cara yang digunakan dalam memotivasi, menarik minat, mengembangkan hingga mempertahankan para karyawan yang masih aktif di dalamnya.

Sedangkan untuk tujuan dari Talent Management itu sendiri lebih diarahkan pada peningkatan pengetahuan serta kemampuan. Hal tersebut dilakukan agar kemampuan serta pengetahuan dari para karyawannya sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan. Ada beberapa cara yang umumnya dilakukan perusahaan dalam pembuatan talent manajemen strategi tersebut, seperti halnya :

  • Melakukan pelatihan
  • Pemberian pendidikan
  • Melakukan proses pembinaan
  • Rekrutmen pegawai baru
  • Perubahan sistem dan lainnya.
  1. Manpower Planning juga Analisa Beban Kerja (Workload Analysis)

Materi Pelatihan Manajemen SDM lainnya yang akan Anda dapatkan dari proses pelatihan manajemen SDM adalah manpower planning. Apa itu manpower planning? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, patut untuk Anda ketahui bahwa setiap perusahaan memiliki beragam masalah.

Masalah-masalah itulah yang kemudian akan mempengaruhi tingkat produksi yang dihasilkan oleh perusahaan. Sedangkan salah satu cara untuk menghentikan beragam permasalahan tersebut adalah dengan melakukan manpower  planning.

Manpower planning dikenal dengan fungsinya yang dilakukan dengan cara menganalisis serta mengevaluasi tingkat efektivitas dari SDM dalam suatu perusahaan. Tidak hanya itu, dengan melakukan hal tersebut, nantinya akan diketahui dengan pasti berapa kiranya jumlah SDM yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Sedangkan untuk mengetahui hal tersebut, ada beberapa metode yang dapat dilakukan. Salah satu di antaranya adalah dengan melihat beban kerja. Metode yang satu ini kemudian dikenal dengan sebutan workland analisis.

  1. Asesmen Kompetensi dengan Metode Assessment Center

Bagian lainnya yang juga patut untuk Anda pelajari dari Materi Pelatihan Manajemen SDM adalah metode assessment center. Metode yang satu ini sangat penting untuk diketahui karena keberadaannya berguna sebagai alat ukur dari asesmen kompetensi. Sehingga Anda dapat dapat melihat dengan pasti seperti apa kompetensi yang dimiliki oleh para karyawan yang Anda miliki.

Metode assessment center umumnya digunakan untuk menilai kompetensi yang dimiliki seseorang. Sehingga para pekerja tersebut pun dapat ditempatkan atau dipekerjakan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Dalam melakukan metode tersebut, ada pula beberapa hal lainnya yang dikenal dengan istilah pra asesmen. Kegiatan ini dilakukan dengan menganalisis pekerjaan yang dimilikinya terlebih dahulu. Dengan demikian, bentuk penyusunan serta penguraian dari pekerjaan dan jabatan pun dapat Anda pastikan dengan lebih baik.

  1. Career Development Programs

Materi lainnya yang juga bisa Anda dapatkan dari kegiatan pelatihan manajemen SDM adalah career development program. Hal tersebut dikenal sebagai proses eksplorasi serta pengambilan keputusan yang ditujukan untuk membentuk karir dari para karyawannya.

Dengan program tersebut, tentunya para karyawan pun diharapkan dapat memilih serta melatih pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya. Baik dari segi kepribadian, keterampilan atau bahkan minat yang dimilikinya sendiri.

Selain beberapa materi di bagian atas tadi, masih ada banyak lagi jenis materi lainnya yang akan diberikan dalam proses pelatihan. Seperti halnya beberapa bentuk materi berikut ini :

  • Cara Menyusun HR Strategy and Programs
  • Strategi Pengembangan Knowledge Management
  • Penyusunan Balanced Scorecard dan Employee Scorecard
  • Training Need Analysis
  • Competency-based HR Management
  • Principles HR Management
  • HR Scorecard
  • Good to Great
  • Mengukur ROI of Training
  • Membangun Keunggulan dengan Malcolm Baldrige
  • Diagnosing Organizational Effectiveness
  • Dan lainnya

Tujuan pemberian materi pelatihan manajemen SDM

Hadir sebagai hal yang penting untuk dilakukan. Tujuan utama dari pelatihan manajemen SDM adalah meningkatkan keahlian atau kemampuan dari para karyawan yang dimilikinya. Hal tersebut dilakukan agar kualitas pekerjaannya dapat ditingkatkan dengan lebih baik.

Dengan demikian, keberadaan para pekerja atau karyawan tersebut pun tentunya akan memajukan perusahaan. Tidak hanya itu, melalui materi pelatihan yang tepat, mereka juga akan lebih kompeten dalam menghadapi berbagai macam situasi atau bahkan permasalahan yang mungkin terjadi di dunia kerja.

Dalam kegiatan yang dilakukannya, pelatihan manajemen SDM juga dilakukan dengan prosedur yang telah terstandarisasi. Sehingga beragam manfaat dan nilai tambah pun tentunya tidak hanya didapatkan oleh para karyawannya saja. Dalam hal ini pihak perusahaan pun akan mendapatkan banyak keuntungan darinya.

Selain itu, beragam manfaat tersebut pun tidak hanya ditujukan untuk saat ini saja. Karena dengan keahlian juga kemampuan yang telah diperbarui, tentunya manfaat tersebut pun akan bertahan lama. Dengan demikian, tujuan dari pemberian materi pelatihan manajemen SDM tentunya berkaitan dengan pengembangan karir atau bahkan profesionalitas kerja pada bidang SDM di masa mendatang.

Itulah kiranya penjelasan singkat dari beberapa Materi Pelatihan Manajemen SDM dan juga tujuan utama yang dimilikinya.

Materi Presentasi yang bagus dan aplikatif tentang Manajemen SDM x Balanced Scorecard. Gratis. Download Sekarang.

Slide1