Tugas dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bagian terpenting bagi sebuah perusahaan dan juga organisasi. Sistem manajemen ini bertujuan untuk mengatur dan juga menghubungkan setiap sumber daya manusia yang ada di dalam sebuah perusahaan secara efektif dan efisien. Dengan kehadiran sistem manajemen sumber daya manusia, maka tujuan perusahaan yang hendak dicapai bisa diraih dengan lebih maksimal.

Ilmu manajemen ini juga bisa didapatkan pada ilmu psikologi, sosiologi, dan lain sebagainya sehingga mampu mengatur pengelolaan sumber daya manusia dengan adil dan berimbang. Tugas dan jobdesk manajer SDM tentu tidaklah sembarangan. Hal ini karena seorang manajer SDM memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengatur dan memimpin para karyawan dan divisi lainnya.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Setiap perusahaan tentu memiliki divisi manajemen sumber daya manusia yang perannya sangat besar. Pekerjaan pada divisi ini memang sangat menentukan kualitas dari setiap karyawan dan juga kesuksesan yang bisa diraih perusahaan berdasarkan jumlah sumber daya manusia yang mereka miliki.

Divisi manajemen sumber daya manusia mempunyai peran penting karena divisi inilah yang nantinya akan mengatur proses dan sistem perekrutan tenaga kerja, pendidikan tenaga kerja, melakukan analisa kebijakan yang berkaitan dengan tenaga kerja, hingga kesejahteraan setiap tenaga kerja.

Begitu pula dengan tim manajemen sumber daya manusia yang berfungsi untuk mengatur dan juga merencanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan hak serta kewajiban masing-masing sumber daya manusia atau karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan. Manajemen ini termasuk ke dalam manajemen kinerja karyawan, administrasi, komunikasi, pelatihan dan pendidikan karyawan, kesehatan, keamanan, gaji dan kompensasi, sampai dengan pengembangan organisasi atau perusahaan.

Adapun fungsi manajemen sumber daya manusia menurut Cherrington antara lain adalah sebagai berikut.

  • Staffing atau Employment

Fungsi ini terdiri atas tiga hal penting, yakni perencanaan, penarikan, dan juga seleksi. Manajer SDM memiliki tanggung jawab untuk mengantisipasi berbagai kebutuhan karyawan. Jadi, meski sepenuhnya dilakukan oleh departemen manajemen sumber daya manusia, namun departemen lain juga perlu terlibat dalam menyediakan spesifikasi dan deskripsi pekerjaan.

  • Evaluasi Kinerja

Para manajer SDM bertanggung jawab untuk mengevaluasi karyawan yang menjadi bawahannya dan departemen sumber daya manusia untuk mengembangkan penilaian kerja secara lebih efektif serta memastikan jika penilaian kinerja tersebut dapat dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan. Manajer SDM perlu melakukan sejumlah pelatihan terhadap manajer lainnya tentang cara untuk membuat standar kinerja yang baik dan jug akurat.

  • Koordinasi yang Tepat

Manajer SDM perlu melakukan koordinasi yang baik antar departemen lain dan karyawan. Manajer memiliki tanggung jawab terhadap kenaikan gaji dan pengembangan struktur gaji. Pembayaran gaji, bonus, insentif, dan juga pembagian keuntungan yang nantinya diterima oleh karyawan merupakan bagian dari fungsi manajemen sumber daya manusia.

  • Pelatihan dan Pengembangan

Manajer SDM harus membantu manajer lainnya untuk menjadi pelatih sekaligus penasehat yang baik bagi para karyawan. Selain itu, manajer SDM juga harus mampu menciptakan program pelatihan dan pengembangan yang efektif.

Tugas dan Jobdesk Manajer SDM

Tugas utama manajemen sumber daya manusia untuk dapat mendirikan perusahaan yang berkualitas adalah mampu menciptakan sistem manajemen SDM yang baik dan efektif. Beberapa tugas dan jobdesk manajer SDM yang bisa Anda ketahui antara lain adalah sebagai berikut.

  • Mendesain organisasi
  • Mengatur karyawan
  • Mengatur sistem dan cara penilaian kinerja setiap karyawan
  • Mengembangkan potensi yang dimiliki oleh karyawan dan juga organisasi
  • Mengatur sistem dengan asas manfaat, penghargaan, serta tingkat kepatuhan terhadap karyawan.

Supaya perusahaan bisa terus berjalan dengan baik hingga mengalami perkembangan yang cukup signifikan, maka terdapat beberapa tanggung jawab yang menjadi bagian dari tugas dan jobdesk manajer SDM. Berikut adalah penjelasan tentang tanggung jawab dari tim manajemen sumber daya manusia.

  1. Mendesain Tugas dan Struktur dalam Organisasi

Tugas dan jobdesk manajer SDM yang satu ini diawali dengan cara mengidentifikasi setiap pekerjaan yang ada dalam perusahaan dan keterampilan serta kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kerja. Tujuannya adalah agar tenaga kerja bisa ditempatkan di departemen dan pekerjaan yang sesuai. Tidak hanya itu saja, tugas ini juga bertujuan untuk meninjau permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan dan sekaligus ikut membantu menyelesaikan solusi dari permasalahan tersebut. Apabila memang dibutuhkan, maka manajemen sumber daya manusia akan bertugas melakukan perubahan organisasi.

  • Mengorganisasikan Sumber Daya

Manajemen sumber daya manusia memiliki tugas untuk menganalisa kebutuhan terhadap tenaga kerja, pengadaan tenaga kerja baru (juga termasuk pemasangan dan pengumuman lowongan kerja, wawancara, tes, serta pengelolaan kontrak kerja), dan mengembangkan kemampuan serta orientasi tenaga kerja, pensiun, pemberhentian, hingga pengunduran diri.

  • Menilai Kinerja Karyawan

Tugas ini juga termasuk ke dalam melakukan monitor dan juga evaluasi sehingga akan ditemukan apakah perusahaan berhasil mengalami kemajuan atau justru malah kemunduran dari kinerja karyawan tersebut. Apabila memang terdapat masalah pada kinerja karyawan, maka diperlukan koordinasi dan pendisiplinan.

  • Mengembangkan Karyawan

Tanggung jawab selanjutnya yang wajib dipenuhi oleh manajemen sumber daya manusia adalah mempersiapkan dan juga mengadakan pelatihan, pembinaan, hingga pendidikan yang bisa meningkatkan kemampuan setiap karyawan serta mampu mengembangkan karirnya.

  • Mengatur Penghargaan untuk Karyawan

Tanggung jawab yang ada pada manajemen sumber daya manusia adalah membangun sistem pemberian upah secara adil sesuai dengan kinerja karyawan. Sistem penghargaan ini bisa dilakukan dengan cara memberi insentif tertentu ataupun pembagian keuntungan yang diberi berdasarkan pada kinerja, kompetensi, atau kontribusi karyawan.

Peran Departemen Manajemen Sumber Daya Manusia

Selain fungsi, tugas dan jobdesk manajer SDM, Anda juga perlu mengetahui peran kehadiran departemen manajemen sumber daya manusia pada sebuah perusahaan. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Advisory atau Counseling Role

Manajemen sumber daya manusia berperan sebagai konsultan internal yang tugasnya adalah untuk mengumpulkan informasi, menentukan solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi, dan juga memberi panduan dalam memecahkan masalah tersebut. Peran ini biasa terlihat pada proses staffing, program latihan dan pemutusan hubungan kerja, dan evaluasi kinerja karyawan.

  • Service Role

Peran yang satu ini mencakup berbagai aktivitas yang memberi pelayanan langsung kepada manajer. Adapun yang termasuk ke dalam peranan service role adalah penarikan, melakukan pencatatan, pelatihan orientasi, dan juga melaporkan pekerjaan.

  • Control Role

Manajemen sumber daya manusia berperan untuk mengendalikan fungsi manajemen di dalam sebuah perusahaan. Jadi, manajemen sumber daya manusia memiliki wewenang untuk mengeluarkan kebijakan dan mengendalikan sumber daya manusia lewat kebijakan yang dibuat tersebut. Dengan adanya peraturan yang dibuat oleh manajemen sumber daya manusia, maka masalah keselamatan kerja dan juga kompensasi dapat diminimalisir.

Demikian penjelasan tentang tugas dan jobdesk manajer SDM yang dapat Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan Anda terkait dengan manajemen sumber daya manusia.

Slide1