Materi Presentasi Manajemen SDM yang Bagus dan Siap Pakai

Di dalam bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi, pasti terdapat manajemen sumber daya manusia (SDM) yang menjadi komponen penting dan bertujuan untuk menjaga kenyamanan pekerja. Hal inilah yang membuat materi presentasi SDM dan bisnis banyak dicari oleh pelaku bisnis guna memantapkan pengetahuan mereka tentang sumber daya manusia.

Saat ini sudah banyak situs ataupun jurnal materi presentasi SDM dan bisnis yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan lengkap. Jadi, tidak perlu pusing-pusing membaca banyak buku maupun jurnal untuk mengetahui teori tentang sumber daya manusia dan bisnis. Bagi Anda yang kini sedang mencari materi presentasi SDM dan bisnis yang lengkap dan terupdate, simak penjelasan di bawah ini dengan baik, ya.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Sering kali sumber daya manusia diartikan sebagai urusan penggajian dan melakukan penilaian kerja terhadap karyawan. Padahal sebenarnya arti manajemen sumber daya manusia memiliki arti dan peran yang lebih luas, yakni berfokus pada menjaga sekaligus memelihara kenyamanan karyawan ketika bekerja di suatu perusahaan atau bisnis.

Berkat adanya manajemen sumber daya manusia, maka karyawan akan merasa diperhatikan sehingga nyaman dalam menjalankan tugasnya. Apalagi ada banyak sekali program dan peraturan yang dibuat oleh divisi manajemen sumber daya manusia dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kerja, seperti cuti tahunan, kesempatan mendapat insentif, dan juga kompensasi bulanan.

Manajemen sumber daya manusia akan memastikan bahwa setiap karyawan bekerja dengan produktif dan maksimal serta tidak menganggap pekerjaan yang dilakukan adalah sebuah tekanan. Empati juga perlu dibangun dalam sumber daya manusia agar dapat mengerti permasalahan yang dialami oleh karyawan.

Fungsi Pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Bisnis

Salah satu tugas manajemen sumber daya manusia adalah untuk mengetahui strategi yang efektif bagi perusahaan atau bisnis dengan cara melakukan pengembangan sumber daya manusia. Di bawah ini adalah berbagai fungsi pengembangan sumber daya manusia bagi bisnis yang dapat Anda ketahui.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Fungsi pengembangan sumber daya manusia salah satunya adalah untuk meningkatkan produktivitas karyawan saat bekerja. Jadi, sangat mungkin bagi seorang karyawan untuk menciptakan varian baru dari berbagai macam produk yang perusahaan tawarkan. Jadi, konsumen nantinya tidak akan merasa bosan karena perusahaan menyediakan banyak varian.

  • Dapat Mengurangi Resiko Kerusakan Produk

Keterampilan dan keahlian yang dimiliki oleh karyawan tentunya dapat mengurangi resiko kerusakan produk. Oleh karena itulah, diperlukan pengembangan karyawan yang dibina langsung oleh manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan keahlian mereka. Karyawan yang terampil dan memiliki kualitas tinggi saat bekerja tentu dapat menunjang produktivitas perusahaan.

  • Pekerjaan menjadi Lebih Efisien

Pekerjaan yang selesai lebih efisien tentu akan berpengaruh positif kepada perusahaan. Oleh karena itu, salah satu fungsi pengembangan sumber daya manusia adalah untuk melatih karyawan supaya memiliki sifat yang terampil sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien.

  • Meningkatkan Sikap Kepemimpinan

Sikap kepemimpinan adalah kemampuan yang perlu dilatih dan tidak dikuasai oleh banyak orang. Meski bukan seorang pemimpin, namun sikap kepemimpinan ini perlu diterapkan dan diajari kepada karyawan supaya nantinya akan berguna bagi perusahaan, baik sebagai individu maupun organisasi.

  • Memberi Tingkat Pelayanan yang Lebih Baik Kepada Konsumen

Pelayanan menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Oleh karena itu, peningkatan pelayanan perlu dilakukan agar bisa mendapat feedback positif dari konsumen.

  • Meningkatkan Balas Jasa

Balas jasa disini maksudnya adalah gaji atau upah diberikan kepada pekerja. Balas jasa ini merupakan wujud apresiasi perusahaan kepada karyawan yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tentunya hal ini akan meningkatkan produktivitas karyawan.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia bisa menunjukkan kapabilitas sebuah perusahaan sehingga peluang untuk terus belajar akan terbuka lebar. Terdapat berbagai macam tujuan manajemen tujuan manajemen sumber daya manusia yang perlu diketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Mengembangkan sistem kerja dengan kinerja tinggi melalui proses perekrutan, seleksi, penentuan sistem insentif, dan juga pengembangan manajemen serta aktivitas pelatihan yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan.
  • Mengembangkan praktik manajemen dengan komitmen yang tinggi bahwa karyawan merupakan stakeholder yang memiliki nilai tinggi serta dapat membantu untuk mengembangkan iklim kerja sama serta kepercayaan bersama.
  • Memastikan jika terjadi persamaan kesempatan yang tersedia untuk semua. Hal ini berarti akan ada keterkaitan yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan karyawannya.
  • Memastikan jika karyawan dinilai dan dihargai terhadap pekerjaan dan pencapaiannya.
  • Memperbaiki dan mempertahankan kesejahteraan fisik serta mental karyawan.
  • Menciptakan iklim yang humanis, produktif, dan harmonis untuk mempertahankan hubungan yang baik antara manajemen dengan karyawan.

Manfaat Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, tidak heran jika sumber daya manusia perlu dirancang secara lebih efektif. Berikut ini adalah manfaat sumber daya manusia yang perlu Anda ketahui.

  1. Perusahaan bisa Memanfaatkan Sumber Daya Manusia dengan Baik

Manajemen sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan harus memperhatikan kelebihan dan juga kekurangan yang ada pada perusahaan tersebut, seperti masa kerja setiap karyawan, jumlah karyawan, keahlian dan pengetahuan yang dimiliki, bakat yang bisa dikembangkan, hingga minat setiap karyawan.

  • Produktivitas Karyawan akan Meningkat

Manajemen sumber daya manusia dianggap baik jika mampu menempatkan formasi karyawan secara proporsional. Jika karyawan mendapat banyak tekanan dan berada di formasi yang tidak tepat, maka akan berdampak pada penurunan semangat yang mengakibatkan pekerjaan menjadi terhambat.

  • Penentuan Kebutuhan Karyawan

Kebutuhan karyawan perlu ditentukan secara baik. Mulai dari jumlah hingga kualifikasinya. Perusahaan besar wajib mempunyai perencanaan yang strategik agar kebutuhan karyawan dapat terpenuhi.

  • Penanganan Informasi Ketenagakerjaan

Penanganan informasi ketenagakerjaan yang ada pada manajemen sumber daya manusia meliputi status perkawinan, masa kerja karyawan, tunjangan, pendidikan, jumlah penghasilan, jabatan yang pernah diduduki, keterampilan yang dimiliki, hingga pelatihan yang pernah diikuti.

  • Penelitian

Sebelum melakukan tahap perencanaan, tentu harus melakukan penelitian terlebih dahulu. Hal ini juga merupakan bagian dari manfaat adanya manajemen sumber daya manusia. Hal ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan juga keterangan yang lebih akurat untuk kemudian dijadikan sebagai landasan bagi manajemen sumber daya manusia untuk melakukan aktivitas. Demikian penjelasan tentang manajemen sumber daya manusia yang bisa menjadi materi presentasi SDM dan bisnis. Penjelasan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Bagi Anda yang akan membuat materi presentasi SDM dan bisnis dalam format lain, maka bisa mengkombinasikannya dengan gambar ataupun grafik agar tampilan presentasi dapat terlihat lebih menarik. Semoga penjelasan tentang manajemen sumber daya manusia di atas dapat bermanfaat dan memberikan tambahan pengetahuan

Materi Presentasi yang bagus dan aplikatif tentang Manajemen SDM x Balanced Scorecard. Gratis. Download Sekarang.

Slide1